text ku

YA ALLAH...YA ALLAH...YA ALLAH

Selasa, 14 September 2010

Sempurnakan Ibadah Fardu

“ Sempurnakanlah ibadah fardu kalian dengan ibadah sunnah! Sesungguhnya amal-amal sunnah dapat menututupi kekurangan amal wajib.”     Al-harits Al-Muhasibi

Para kekasih Allah selalu merasa bahwa ibadah fardu mereka belum dilakukan secara sempurna. Karena itu, mereka berupaya menyempurnakannya dengan amalan amalan sunnah. Amalan-amalan sunnah yang mereka lakukan diharapkan dapat menambal kekurangan pada ibadah fardu. Dengan demikian, seluruh ibadah fardu mereka selalu diikuti dengan ibadah sunnahnya. Misalnya, mereka selalu bepuasa sunnah enam hari dibulan syawal setelah puasa Ramadhan,dan selaluh shalat sunnah untuk melengkapi shalat-shalat fardu mereka. Saudaraku, janganlah engkau mengejar ibadah sunnah sementara melalaikan ibadah fardu. Suatu malam, Syaikh Abu Al-Abbas menemukan beberapa orang yang sedang shalat malam. Mereka terlihat sangat khusuk. Setelah shalat, Abu Al- Abbas bertanya kepada mereka,”Apakah kalian melakukan shalat subuh tepat waktu ?” mereka menjawab,” terkadang kami kesiangan melakukannya. Dan di siang hari kami tidak sempat mencari rezeki karena kami tidur sebagai ganti ibadah kami di malam hari.”Lalu dari mana kalian makan ?” , Tanya Syaikh. “kami selalu diberi oleh orang-orang disekitar tempat ini,” jawab mereka.
Abu Al-Abbas berkata” Hentikan kegiatan shalat malam seperti ini ! Laksanakan shalat subuh tepat pada waktunya dan bekerjalah di siang hari untuk mencari rezeki Allah. Kalian telah meninggalkan perkara yang fardu demi perkara yang sunnah. Nilai kalian tidak lebih luhur dibanding dengan orang-orang yang meladeni kalian. Malahan, kedudukan kalian lebih rendah dari mereka. Mereka menopang hidup kalian sementara kalian hanya membebani orang lain. Kalian menjadikan bangun malam sebagai cara untuk mendapatkan perhatian dan bantuan mereka. Sungguh rugi kalian semua. Bertobatlah pada Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan saran anda....