text ku

YA ALLAH...YA ALLAH...YA ALLAH

Rabu, 08 September 2010

NIAT BERBUAT KEBAIKAN

“Sesungguhnya, semua amal bergantung pada niatnya. Barang siapa yang berhijrah karena Allah dan RasulNya, dia telah berhijrah kepada Allah dan RasulNya…..”  Sabda Nabi Saw.

Di dalam kehidupan ini kita berbuat sesuai dengan kehendak atau apa yang kita mau. Bagi kita seorang muslim harus berhati-hati menata niat karena niat akan menentukan baik buruk suatu perbuatan.
Niat yang benar adalah anugerah Allah kepada seseorang. Bernilai atau tidaknya suatu perbuatan bergantung sepenuhnya pada niat. Karena niat, perbuatan seseorang akan diterima atau ditolak oleh Allah. Perbuatan baik dapat berubah menjadi buruk akibat dari niatnya. Sebuah amal bisa memperoleh pahala yang berlipat ganda karena kecermatan menata niat. Contoh, bila anda berangkat ke masjid untuk melaksanakan shalat berjamaah, lalu juga berniat untuk silaturahmi dengan sesama muslim, pahala yang didapat adalah pahala shalat berjamaah dan pahala silaturahmi. Anda juga bisa mendapat pahala mencari ilmu jika di sela-sela kehadirannya ke masjid untuk shalat di niatkan juga untuk mencari ilmu. Di sinilah, kecermatan menata niat menghasilkan pahala yang berlipat. Selain mendapatkan pahala yang berlipat niat juga dapat menghancurkan pahala. Ketika seseorang melakukan ibadah haji terbersit niat untuk mendapat pujian manusia, Secara pasti ibadah hajinya yang asalnya sebagai amal akhirat berubah menjadi amal kedunianan. Ketika seseorang makan dengan niat supaya memiliki kekuatan untuk mengabdi kepada Allah, makan yang dilakukannya adalah amal ke akhiratan.
Ulama sufi berkata : “Perbanyaklah kalian berniat melakukan kebaikan. Sebab, diantara sederetan amal, hanya niat yang dapat diharapkan tidak terjangkit oleh riya. Amal-amal yang lain tidak dijamin selamat dari riya. Insya Allah, berniat melakukan kebaikan adalah amal yang akan terselamatkan dari riya. Niat orang mukmin lebih baik dari amalnya.”. Semoga kita menjadi orang yang selalu memperbaruhi niatnya agar tetap di jalan Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan saran anda....