text ku

YA ALLAH...YA ALLAH...YA ALLAH

Selasa, 21 September 2010

LURUSKAH AMALAN KITA

Bismillah hirrahmanirrahim
Sepulang dari shalat subuh berjamaah pagi ini selasa dua puluh satu bulan sembilan tahun dua ribu sepuluh, sesampai dirumah aku hidupkan TV masuk ke kanal ceramah subuh dan interaktif yang disampaikan  syaikh Ali. Syaikh ini termasuk ust. yang aku suka alasannya ia adalah turunan arab yang luas ilmunya, ust. Di Madinah dan serius dalam mengajar.
Pada sesi interakif ada seorang bapak dari Solo menyampaikan keluhannya tentang penyakit yang dideritanya yaitu kanker dimana kurang lebih sudah enambelas tahun di deritanya.
Pertanyaan beliau :
1. Apa amalan untuk menyembuhkan sakit tsb apa kita harus pasra aja
2. Apakah surat Al Waqiah dapat mendatangkan rezeki

Pembahasan 1, disini syaikh menjelaskan kita harus beriktiar dan berusaha semaksimal mungkin untuk berobat apakah kedokter atau ke Tabib. Setelah segala usaha kita lakukan barulah kita pasrah dan mohon pada Allah SWT dengan berbaik sangkah atas segala cobaan dan musibah yang kita alami ini. Mudah-mudahan Allah menurunkan Rahmatnya.

Pembahasan 2, Dalam hal ini para ulama berbeda pendapat , sebagian ulama menyata tidak ada dalilnya yang kuat dan pasti dan sebagian ulama tidak melarang alias boleh-boleh aja. Solusi yang diberikan syech ialah pada dasarnya membaca Al Quraan itu mendatangkan rahmat Allah SWT maka apabila kita ingin tetap mengamalkan surat waqiah lakukanlah tidak perlu setiap hari. Misalnya seminggu sekali, atau seminggu tiga kali dll.

Khusus pembahasan 2, saya diskusi dengan istri dan saya setuju dengan pendapat syaikh. Apabila ada amalan yang tidak kuat dalilnya tak perlu rutin kita amalkan walaupun amalan itu berasal dari kiyai karena seorang kiyai menyusun amalan itu sesuai kebuhan jamaah dan murid-muridnya. Maka dari itu marilah kita amalkan sesuatu sesuai dengan petunjuk dan kuat dalilnya.
Mudah-mudahan semua kita dapat mengamalkan sesuatu sesuai dengan Al Quran dan as Sunnah. Demikianlah ringkasan oleh-oleh dari syaikh pagi ini. ”sampaikanlah oleh mu walau satu ayat”. Semoga Allah merahmati kita.amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar dan saran anda....